SELAMAT DATANG DI LAYANAN ELECTRONIC SERVICE MOBILE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT


PERSYARATAN PELAYANAN


KIA PEMULA

  1. Fotocopy Akta Kelahiran
  2. Fotocopy KK Kabupaten Tulang Bawang Barat
  3. Fotocopy KTP Orangtua
  4. Pas Foto 2x3 berwarna (2 lembar)

(untuk background kelahiran tahun gajil merah dan genap biru)

KIA PERPANJANGAN

  1. KIA Asli
  2. Pas Foto 2x3

(untuk background kelahiran tahun gajil merah dan genap biru)

KIA RUSAK

  1. KIA Asli
  2. Fotocopy KK

KIA HILANG

  1. Surat Kehilangan Kepolisian
  2. Fotocopy KK

Kartu Keluarga yang selanjutnya disingkat KK, adalah kartu identitas keluarga yang memuat tentang nama, susunan dan hubungan dalam keluarga, serta identitas anggota keluarga.

  • Persyaratan Buat KK Baru (Pisah KK Dari Yang Sebelumnya)
    • Kartu Keluarga awal (untuk nanti pisah KK)
    • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan
    • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, dan Paspor
    • Untuk WNA lengkapi dengan: fotokopi Paspor, fotokopi KITAS/KITAP Surat Keterangan penjamin/sponsor, fotokopi KTP-el penjamin/sponsor
  • Persyaratan Penambahan Anggota Keluarga Ke Dalam KK
    • KK asli
    • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan
    • Sebab kelahiran: Surat Keterangan Kelahiran dari bidan/rumah sakit/Puskesmas
    • Sebab perpindahan: Surat Keterangan Pindah Datang dalam wilayah NKRI(SKDWNI) atau Surat Keterangan Pindah - Datang Luar Negeri
  • Persyaratan Pengurangan Anggota Keluarga Di Dalam KK
    • KK asli
    • Sebab Meninggal: akta kematian
    • Sebab perceraian: fotokopi Surat Perceraian dari Pengadilan Agama/Akta Perceraian
    • Sebab perpindahan: Surat Keterangan Pindah Keluar (SKDWNI)
  • Persyaratan KK Yang Hilang
    • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Persyaratan Perbarui KK Karena KK Rusak, perubahan elemen data
    • KK asli
    • Memperlihatkan dokumen pendukung untuk perubahan elemen data

Kartu Tanda Penduduk elektronik, yang selanjutnya disingkat KTP-el adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KTP-el diawali dengan proses perekaman KTP-el (rekam sidik jari, rekam iris mata, rekam tanda tangan digital, rekam pas foto, dan rekam biodata diri), lalu data biomterik yang telah direkam dilakukan penunggalan data oleh pusat sehingga statusnya Print Ready Record (siap cetak).

Persyaratan Perekaman KTP-el

  • Fotokopi KK
  • Berusia 17 tahun/sudah menikah
  • Belum pernah rekam KTP-el sebelumnya

 

Persyaratan Pengajuan Cetak KTP-el

  1. Karena KTP-el Rusak
    • KTP-el lama
    • Fotokopi KK
  2. Karena KTP-el Hilang
    • Fotokopi KK
    • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisan
  3. Karena Perbarui Elemen Data Pemilik KTP-el (Perbarui Status Perkawinan, Status Pendidikan, Alamat)
    • Fotokopi KK
    • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Buku Nikah/Akta Perkawinan, Surat Perceraian dari Pengadilan Agama/Akta Perceraian, Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, Paspor, dan Surat Keterangan Pindah Datang (SKDWNI)
  4. Mengganti Dari Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket) Ke KTP-el
    • Fotokopi KK
    • Fotokopi Suket
  1. Surat Keterangan Pindah WNI diatur dengan klasifikasi sebagai berikut :
    1. klasifikasi dalam satu Desa/Kelurahan;
    2. klasifikasi antar Desa/Kelurahan dalam satu Kecamatan;
    3. klasifikasi antar Kecamatan dalam satu Kabupaten;
    4. klasifikasi antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi dan/atau Luar Provinsi.
  2. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan Surat Keterangan Pindah WNI sesuai :
    1. foto copy KK  ;
    2. foto copy KTP-el ;
  3. Persyaratan penerbitan Surat Keterangan Pindah WNI antar Kecamatan dalam satu Kabupaten :
    1. surat pengantar keterangan pindah dari perbekel/ Lurah
    2. foto copy KK ;
    3. foto copy KTP-el ;
    4. pas photo ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar\
  4. Persyaratan  penerbitan  Surat Keterangan Pindah WNI antar Kabupaten / Kota dalam satu Provinsi dan/atau Luar Provinsi :
    1. surat pengantar keterangan pindah dari perbekel/ Lurah;
    2. foto copy KK ;
    3. foto copy KTP -el;
    4. pas photo berwarna 4 x 6 cm sebanyak 8 (delapan) lembar.
  1. Persyaratan Umum

PENDUDUK WNI

  • Surat kelahiran dari dokter / bidan / penolong persalinan, diketahui Puskesmas setempat (Asli)
  • Surat keterangan kelahiran dari Kepala Desa / Lurah (Asli)
  • Fotokopi KK dan KTP orang tua yang masih berlaku
  • Fotokopi kutipan akta perkawinan / akta nikah orang tua, dengan memperlihatkan dokumen aslinya
  • Fotokopi kutipan akta kelahiran orang tua, dengan memperlihatkan dokumen aslinya (kalau ada)
  • Fotokopi bukti / ketetapan ganti nama (apabila sudah ganti nama) dengan memperlihatkan dokumen aslinya
  • Surat Pernyataan dibubuhi meterai Rp. 6.000,- apabila jarak anak yang dimohonkan akta dengan anak sebelumnya lebih dari 10 (sepuluh) tahun, dan/atau jarak peristiwa perkawinan dengan anak pertama yang dimohonkan akta lebih dari 10 (sepuluh) tahun, diketahui RT/RW dan Lurah setempat
  • Fotocopy Ijazah / STTB anak yang bersangkutan (bagi yang sudah memiliki)
  • Nama dan identitas dua orang saksi pencatatan yang memenuhi persyaratan (berumur 21 tahun ke atas)
  • Surat Kuasa Pengisian Biodata bermeterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan, dan fotocopy KTP Penerima Kuasa
  • Surat kelahiran dari dokter / bidan / penolong persalinan, diketahui Puskesmas setempat (Asli)
  • Surat keterangan kelahiran WNA dari Kepala Dinas (Asli)
  • Fotocopy KK dan KTP orangtua, bagi pemegang Izin Tinggal Tetap
  • Surat Keterangan Tempat Tinggal orangtua, bagi pemegang Izin Tinggal Terbatas
  • Paspor, bagi pemegang Izin Kunjungan
  • Fotocopy Kutipan Akta Perkawinan / Akta Nikah orang tua, dengan memperlihatkan dokumen aslinya
  • Surat Pernyataan dibubuhi meterai Rp. 6.000,- apabila jarak anak yang dimohonkan akta dengan anak sebelumnya lebih dari 10 (sepuluh) tahun, atau jarak peristiwa perkawinan dengan anak pertama yang dimohonkan akta lebih dari 10 (sepuluh) tahun, diketahui RT/RW dan Lurah setempat
  • Nama dan identitas dua orang saksi yang memenuhi persyaratan (berumur 21 tahun ke atas)
  • Surat Kuasa Pengisian Biodata bermeterai Rp. 6.000,- bagi yang dikuasakan, dan fotocopy KTP Penerima Kuasa

2. Persyaratan Khusus

Persyaratan pencatatan kelahiran anak yang tidak diketahui asal usulnya atau keberadaan orangtuanya dilakukan dengan melampirkan Berita Acara Pemeriksaan dari Kepolisian.